Lab act 4


// Program square.c

#include <stdio.h>

 

// Fungsi prototype dengan nama fungsi square dan argument bertipe data integer

int square(int x);

 

// Fungsi main untuk memulai eksekusi program

int main()

{

    // Menugaskan variabel a bertipe data integer dengan nilai 10

                int a = 10;

               

                // Mencetak output dengan memanggil fungsi square

                printf("Persegi dengan sisi %d, luasnya adalah: %d\n",a, square(a));

                return 0;

} // Mengakhiri fungsi main()

   

// Mendefinisikan fungsi square

int square(int x)

 

{

    // Gunakan statement return x * x untuk mengembalikan nilai

    return x * x;  

} // Mengakhiri fungsi square()


// Program maximum.c

#include <stdio.h>

 

// Fungsi prototype dengan nama fungsi maximum dan tiga parameter (x, y, z) bertipe data integer

int maximum(int x, int y, int z);

 

// Fungsi main untuk memulai eksekusi program

int main(void)

{

    // Deklarasikan tiga variabel bertipe data integer dengan nama variabel angka1, angka2, angka3

    int angka1;

    int angka2;

    int angka3;

    // Menginput tiga angka intger

    printf("%s", "Masukkan tiga angka: \n");

    scanf("%d%d%d", &angka1,&angka2,&angka3);

    // Mencetak output dengan memanggil fungsi maximum

     printf("Maximumnya adalah %d\n", maximum(angka1, angka2, angka3));

} // Mengakhiri fungsi main()

 

// Definisi fungsi maximum

int maximum(int x, int y, int z)

{

    // Menugaskan variabel max untuk nilai x dengan tipe data integer

    int max = x;

    // Membuat statement if jika variabel y lebih besar dari max

    if ( y > max)

    {

    // Menugaskan variabel max dengan variabel y

       max = y;   

    }

// Membuat statement if jika z lebih besar dari variabel max

    if ( z > max)

    {

// Menugaskan variabel max untuk nilai z

        max = z;

    }

// Mengembalikan nilai max

return max;

}// Mengakhiri fungsi maximum()